Dampak Positif dan Negatif Ikaln diTV ( Tulisan )

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF TAYANGAN DITELEVISI BAGI ANAK -ANAK

Dampak Positif
Bukan hanya dampak Negatif yang timul akbat tanyangan ditv tetapi ada dampak positifnya yaitu acara TV dapat menambah pengetahuan dan wawasan seperti acara bolang, laptop si unyil, koki cilik, asal-usul, dunia ikan, Hand Made. George. Acara tersebut membuat anak mengenal daerah geografis dunia, mengenal negara, mengetahui proses pembuatan barang-barang, tahu permainan tradisional, dan adat istiadat. Ibu-ibu berpendapat acara TV yang memberikan dampak positif perlu dilestarikan selain itu ada sinetron Islam KTP yang memberikan dampak positif bagi anak maupun orang dewasa dengan mengajarkan banyak hal mengenai agama dan membantu mengetahui banayak agama.

Dampak Negatif
Tayangan iklan merangsang anak-anak meminta/ membeli barang yang tidak dibutuhkan karena iklan ini muncul di setiap kelompok diskusi Anak TK hingga kelas 6 SD rata-rata meminta mainan, makanan, sampai atribut-atribut yang dipakai aktor dan aktris. Sedangkan usia SMA meminta motor dan aksesoris mirip yang digunakan artis. Salah satu contoh efek negatif yang muncul di TV dan radio adalah acara atau iklan yang terlihat lebih mementingkan sisi komersial semata tanpa memikirkan sisi edukasinya. Pada hakekatnya, iklan pada TV dan radio tersebut dibuat dan disampaikan sebagai media promosi dari suatu produk dan pelayanan sebagai wujud hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Media promosi itu sendiri adalah alat untuk promosi yang berisi pemaparan secara faktual, logis dan realistis tetapi faktanya sekarang ini, banyak terjadi penyalahgunaan yang terjadi dalam dunia pariwara dengan menghalalkan segala cara iklan-iklan pada TV dan radio dibuat dan disampaikan secara berlebihan dan tidak jujur, menyesatkan, jauh dari hakekat peranan iklan sebenarnya. Tampilan iklan-iklan terkesan hanya memunculkan sisi kelebihan untuk menjaring keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) dan menutupi kenyataan keburukan dari suatu produk yang sebenarnya ada (non konsumen oriented) pada sisi lainnya. Selain itu juga banyak tayangan yang tidak pantas anak2 kecil tonton dengan aktor / aktris yang berpakaian tidak sepantas’a,,,








http://blog.umy.ac.id/kamal/2011/05/09/dampak-positif-dan-negatif-televisi/
http://leman.or.id/anakku/tv&anak.html
http://pramareola14.wordpress.com/2010/01/25/pengaruh-negatif-iklan-tv-dan-radio-terhadap-perilaku-anak/

0 komentar:

Posting Komentar