Euporia Sea Games ( tulisan )

Euporia Sea Games





Sea Games??? Siapa sih yang tidah tahu Sea Games merupakan Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara yang ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Ajang ini sangat ditunggu – tunggu semua masyarakat apalagi para atletik olah raga yang khususnya bagi masyarakat diAsia Tenggara. Pembukaan sea game kini Di adakan Di Indonesia, Indonesia diatur menjadi tuan rumah SEA Games 2011 dalam Rapat Dewan Federasi SEA Games di Bangkok, Thailand 6 September 2006. Tahun ini adalah keempat kalinya bagi Indonesia untuk menjadi negara tuan rumah festival olahraga Asia Tenggara negara setelah di SEA Games X 1979, SEA Games XV tahun 1987, SEA Games XIX murah 1997.Dengan Pembukan Di Palembang dan diadakan di dua kota tuan rumah, Palembang dan Jakarta dengan 542 medali emas untuk bersaing melalui 44 olahraga cabang olahraga yang ditandikan diantaranya Olahraga air, Panahan, Atletik Bulutangkis, Bersepeda, renang, karate, judo, sepak bola dan masih banyak lagi.



Logo yang menggambarkan Elang dengan filosofi "Garuda di atas Nature Indonesia Sebagai simbol negara, Garuda dalam lingkup global terkenal dan langsung berhubungan dengan Indonesia.



Selain logo ada pula maskot nya Maskot Modo dan Modi sepasang komodo. Maskot ini diadopsi dari binatang komodo sebagai hewan purba endemik kebanggaan Indonesia, yang terdapat di Taman Nasional Komodo, Modo adalah komodo jantan yang mengenakan kostum tradisional Indonesia berwarna biru dengan selempang sarung batik. Sementara, Modi adalah komodo betina yang mengenakan kebaya merah juga dengan selendang dan kain batik. "Modo" adalah singkat dari nama Komodo, sementara "Modo-Modi" adalah ejaan modifikasi dari Muda-Mudi yang berarti "pemuda-pemudi", Modo dan Modi ini mempunyai sifat pekerja keras, jujur, adil, ramah, bersahabat, dan sportif. selain logo dan maskot ada pula Lagu resmi Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26 pada tahun 2011 adalah "Ayo, Indonesia Bisa" (Ello dan Sherina Munaf), dan"Kita Bisa" (Yovie dan Temannya (Dudi Nuno, Dikta Nuno, Ello, Judika, Terry, Astrid dan Lala Karmela) Kedua lagu tersebut diciptakan oleh Yovie Widianto. Pada lagu Kita Bisa ditampilkan penyanyi dan para atlet-atlet Indonesia yang bertanding dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26. Pada acara penutupan SEA Games Lala Karmela akan menyanyikan kedua lagu ini sebelum obor dimatikan. Pada pembukaan acara SEA Games, para penyanyi ASEAN seperti Agnes Monica, Jaclyn Victor dan KC Concepcion menyanyikan lagu "Together We Will Shine" yang di aransemen oleh Addie MS dari lagu yang diciptakan oleh Jozef Cleber. Slogan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-26 pada tahun 2011 adalah United & Rising (Bersatu & Bangkit).

Walaupun olahraga yang paling banyak diminati dan digemari masyarakat disemua kalangan yakni sepak bola, masyarakat pun mengharapkan para pemain timna U-23 bisa menyumbangkan mendali emas, para pemain sepak bola berjuang keras membela tanah air, awal pertandingan Indonesia vs kamboja sangatlah baik dengan skor 6-0, pelatih timnas U-23 pun optimis bahwa anak asukannya bisa menuju final dengan awal pertandingan yang begitu baik. Titik puncak pertandingan pada saat final malsysia vs Indonesia dimana sangat terlihat begitu banyak bahkan ribuan masyarakat Indonesia tumpah memadati Glora Bung Karno untuk mendukung dan memberi semangat kepada pemain timnas U-23, ribuan orang bebondong2 menuju Gelora Bung karno mengantri tiket untuk menyaksikan pertandingan tersebut rela berpanas – panasan, berdesak – desakan, kelaparan bahkan rela kehilangan barang berharganya pada saat mengantri tiket demi menyaksikan pertandingan tersebut bahkan pendukung dari luar kota rela menginap dipelataran masjid demi mendapatkan tiket, meski dalam pembelian tiket sempat terjadi kerusuhan tetapi bis a cepat diamankan oleh pihak kepolisian. Pintu masuk GBK pun penuh sesah dibanjiri ribuan suporter timnas Glora Bung Karno pun dengan sekejam penuh dengan laiutan merah putih. Dikabarkan Dua suporter Timnas Indonesia tewas setelah terinjak-injak pada saat masuk ke Glora Bung Karno Kedua korban tersebut tewas setelah berdesakkan masuk ke dalam stadion sebelum laga final sepakbola SEA Games XXVI antara Indonesia melawan Malaysia. Seorang korban berhasil diidentifikasi bernama Reno, warga Cililitan, Jakarta Timur. Korban diperkirakan berusia 20 tahun. Sementara seorang korban lain belum diketahui identitasnya. Tetapi hasil akhir didalam pertandingan tersebut mengecewakan indonesia kalah 1 point tetapi seluruh masyarakat Indonesia bangga dan memuji kehebatan para pemain timnas khususnya timnas U-23 mereka bermain dengan penuh semangat dan berjuang keras untuk memenangkan pertandingan tetapi para pemain hanya bisa menyumbangkan medali perak saja dengan adu pinalti . meskipun saya tidak menonton lagsung keGBK tetapi saya menyemangati dengan menonton melalui layar televisi.

Meski didalam olah raga sepak bola para pemain timnas hanaya bisa menyumbangkan medali perak tetapi dicabang olahraga lain kita banyak mendapatkan medali emas salah satunya dicabang bulutagkis. Hasil akhirnya Indonesia pun menjadi juara umum dengan mendapatkan medali emas 182, medali perak 151 dan medali perunggu 142, Indonesia pun patut berbangga diri karena berhasil mendapatkan juara umum.

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pesta_Olahraga_Asia_Tenggara_2011

0 komentar:

Posting Komentar